5 Pengusaha Sukses Indonesia Yang Menginspirasi Versi Saya

Turunnya harga batu-bara yang tak kunjung membaik, membuat saya penasaran dan terus mencari tahu perkembangan berita terkait–kebetulan saya bekerja di perusahaan jasa pertambangan, yang merasakan dampak dari krisis global sekarang. Namun, dari akhir tahun 2014 hingga pertengahan 2015 ini, tidak banyak perkembangan baik atas berita batu-bara yang saya cari.

Akhirnya, pencarian justru beralih pada kisah sukses pebisnis Indonesia yang di antaranya merupakan petinggi perusahaan batu-bara dan atau terlibat juga di bisnis batu-bara; berharap mendapatkan inspirasi tentang bagaimana awal mula para orang sukses tersebut mencapai titik tertinggi dalam hidupnya, bagaimana beliau-beliau menanamkan disiplin diri dan disiplin ilmu sebagai bekal untuk suksesnya, hal-hal kecil apa yang perlu diperhatikan. Sehingga, saya sebagai karyawan sekaligus orang yang punya mimpi, bisa sedikit banyak tahu sikap apa yang harus dipegang untuk menjadi sukses dalam berkarir di perusahaan.

1. Achmad Hamami

Achmad HamamiPak Amet, panggilan Achmad Hamami, cukup dikenal sebagai pendiri perusahaan dealer alat berat Caterpillar yaitu PT. Trakindo Utama, yang adalah mantan perwira militer angkatan laut Indonesia. Kerja keras dan sikap disiplin yang dibawanya dari militer, diterapkannya dalam bisnis—hal tersebut sangat berhasil mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya, tak heran jika krisis moneter pada tahun 1998 dapat dilewatinya dengan baik, meski dengan perjuangan yang juga tak mudah. Salah satu strateginya adalah dengan membangun sebanyak mungkin anak perusahaan yang dapat mensupport bisnis utamanya, sehingga pergerakan uang hanya di lingkup internalnya—berkembang dalam kantung sendiri.

Kini beliau berusia 80-an tahun dan mengalami glukoma, namun hal itu tak menyurutkan semangatnya. Beliau masih ke kantor, masih senantiasa membagikan rahasia-rahasia suksesnya kepada banyak orang baik lewat media online maupun offline, termasuk lewat buku make it happen tentangnya. Hal yang cukup mengagumkan, beliau mampu menurunkan ilmu bisnis serta usahanya kepada keempat anaknya, tanpa terkecuali.

2. Chairul Tanjung

Chairul TanjungSosok yang menjabat Menko Perekonomian periode mei – oktober 2014 ini, namanya cukup dikenal luas sebagai salah pengusaha satu sukses. Pemilik sekaligus pemimpin CT Corpopration ini memiliki prinsip bisnis yang apik; membangun jaringan, memiliki rekanan yang baik, merupakan hal paling penting baginya. Tidak hanya dengan orang atau perusahaan ternama, yang tidak ternama pun, baginya harus menjalin hubungan baik. Sejak mengawali usaha kecil-kecilan ketika masih di kampus, beliau memilih usaha yang berhubungan langsung dengan banyak orang—jualan buku kuliah, kaus, buka foto kopi. Saya suka dengan sosok yang mengedepankan aspek hubungan kemanusiaan. Prestasi yang diraihnya pun cukup banyak.

3. Kartini Muljadi

Kartini MuljadiTak banyak nama perempuan yang masuk dalam daftar forbes, salah satunya adalah Kartini Muljadi, sosok yang mengawali karirnya sebagai hakim di Jakarta. Di dalam daftar forbes, beliau merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia—yang mana kekayaannya sebagian besar berasal dari saham Tempo Scan. Bukan sekadar kayanya yang membuat saya kagum dengan sosok yang satu ini, tetapi kemampuannya dalam bidang hukum, penghargaan-penghargaan atas karyanya, dan pembuktiannya akan kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mencapai kesuksesan.

4. Tahir

TahirPendiri perusahaan Mayapada group ini menginspirasi saya lewat kisah masa kecilnya dan perjalanan hidupnya yang berangkat dari titik terendah. Saya seperti mengaca, karena masa kecil saya juga tidak seberuntung teman-teman saya yang lebih beruntung. Dr. Tahir lahir di lingkungan yang rata-rata warganya tergolong tidak mampu. Beliau dibesarkan oleh ayahnya yang berprofesi sebagai pembuat becak, sementara Ibunya membantu sang bapak untuk mengecat becak. Keberuntungan beliau berawal dari pencapaiannya mendapat beasiswa di sekloah bisnis singapura saat usianya 20 tahun. Tentunya pencapaian tersebut tak semudah kelihatannya, perjuangan berat mestinya telah dilaluinya. Siapa sangka akhirnya menjadi salah satu orang terkaya di negeri ini?

5. Garibaldi Thohir

Garibaldi ThohirSaya lebih suka menyebut nama beliau sebagai Boy Thohir, sesuai dengan nama panggilan yang biasa dikenal oleh orang-orang pada umumnya sekaligus panggilan masa kecilnya. Bapak Garibaldi Thohir atau Boy Thohir adalah presiden direktur Adaro Energy, perusahaan batu-bara terbesar nomor dua di Indonesia.

Adaro, selain merupakan tambang batu-bara nomor dua di Indonesia, juga merupakan tambang yang terkenal dengan program pengelolaan lingkungannya yang kerap mendapatkan penghargaan dari kementerian lingkungan hidup. Adaro menghasilkan batu bara berkalori rendah dengan tingkat sulfur yang rendah, sehingga produk batu bara yang dihasilkannya sangat ramah lingkungan. Nama besar Adaro dan Garibaldi Thohir atau Boy Thohir merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan, karena Pak Boy Thohir merupakan salah satu orang penting dari kisah suksesnya perusahaan tambang yang berlokasi di Kalimantan Selatan tersebut.

Pada tahun 2014 lalu, Adaro mendapatkan penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup atas pembuktiannya menerapkan ‘the best mining practice’ di Indonesia. Sebelum-sebelumnya juga mendapatkan penghargaan pengelolaan lingkungan yang hebat. Juga penghargaan dari sisi tanggungjawab sosial, seperti tahun ini—Adaro menjadi ‘The Winner of CSR Governance Perfromance in Mining Sector’. Citra Adaro sebagai penghasil envirocoal (bahan bakar fosil padat terbersih di dunia) tak lepas dari kepemimpinan Pak Garibaldi Thohir atau Boy Thohir.

Di Perjalanan Pak Boy Thohir dengan Adaro Energy, beliau dinobatkan sebagai ‘Asia’s Hottest People in Business’ by Fortune dan juga 2 kali menjadi ‘The Best CEO’ oleh Majalah Tambang dan Jewel Muslim Award. Tak heran jika sosok yang juga sebagai pemilik PT. Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) dan PT. Merdeka Copper ini, dipercayakan menjadi komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI). Pak Boy Thohir punya misi mulia dalam mengemban tanggungjawabnya di BEI, yaitu mengembangkan bursa saham Indonesia untuk mampu bersaing dengan bursa asing—salah satunya dengan mengajak sebanyak mungkin perusahaan tambang untuk masuk bursa. Ya, kita akan melihat efek positif Pak Garibaldi Thohir dalam membawa perusahaan tambang yang melantai sebagai emiten baru.

Gelar MBA yang didapat Pak Garibladi Thohir atau Boy Thohir dari Northrop University, Amerika Serikat, benar-benar digunakan semaksimal mungkin untuk mengembangkan bisnis dan membawa nama harum bangsa. Itulah sisi yang membuat saya kagum—begitu banyak perusahaan yang dipimpin oleh Pak Boy Thohir, dengan baik. Luar biasa menginspirasi.

Kalau ngomongin Pak Boy Thohir dan deretan sosok pengusaha lain yang menginspirasi, saya tuh suka malu sendiri, karena baru mengurus beberapa varian masalah dalam satu hari, sudah mengeluh panjang lebar. Sikap seperti itu kok mau jadi orang sukses? Duh, saya jadi pengin tepok jidat sendiri.

PS: Sumber gambar forbes.com dan google