Category Archives: kantor

Jangan Mau Dianggap Lemah, Apalagi Mudah Lemas

Gue tertarik dengan salah satu bahasan debat capres (ketiga) tadi malam, yaitu tentang ‘hubungan Indonesia-Australia’ yang naik-turun alias tidak stabil. Begitu mendengar pembahasan itu, gue yang tadinya nonton TV sambil tidur langsung terbangun dan mendekat. Semacam ada semangat lebih untuk menaikkan harta martabat Negara dan tentu martabat warganya, salah satunya gue sendiri, terhadap Negara lain, terutama Negara Australia. Makanya pada saat Pak Jokowi bilang tentang ‘wibawa’ dalam bahasan ini, gue langsung teriak “yes yes yes…” sambil bertepuk tangan sorak sorai di depan TV, padahal gue sedang tidak nonton bola. Sukseslah istri gue tepok jidat sambil senyum tengil yang dibarengi oleh geleng-geleng kepalanya.

Gue sadar. Reaksi gue mendengar hubungan dengan Australia tersebut, mungkin dampak dari perjalanan berkarir gue di 9 tahun terakhir ini; pindah kerja ke mana-pun, selalu ketemu dan berurusan dengan bule-bule Australia, yang membuat gue dan teman-teman Nasional lainnya mem-pertanyakan kemerdekaan kita sendiri. “Sudah mereka kah kita ini?” Miris.

Continue reading

Surat Pernyataan Penyaluran Pendapatan

Surat pernyataan penyaluran pendapatan atau yang biasa disingkat dan disebut dengan SP3 itu merupakan surat sakti bagi gue dan temen-temen di perusahaan. SP3 tersebut sakti untuk keperluan peminjaman di Bank Mandiri (mitra kerja perusahaan), terutama untuk KTA (kredit tanpa agunan) dan KPR (kredit pemilikan rumah). Waktu jaman bujang dulu, SP3 ini gak pernah gue manfaatin, ya merasa gak perlu ngutang aja. Setelah gue nikah, muncul-lah kebutuhan-kebutuhan besar seperti ‘pengen punya rumah’ atau minimal ‘kendaraan roda 100’ yang pastinya gak mungkin sanggup gue miliki kalo bukan dengan cara mengutang di Bank. Barulah gue merasa butuh dan menganggap SP3 itu penting penting penting banget. Gimana gak penting? Dengan SP3, bunga yang dibebankan relatif rendah. Continue reading

Kutukan Kloset Berdarah Panas Dingin

Kantor gue (a)gak serem, karena di sebelahnya ada hotel. Tapi hotelnya sering banget menimbulkan cerita-cerita horor. Konon, bagian belakang hotel tersebut bekas kuburan lama. Gue pernah menginap sekali di hotel itu, sekali. Tapi gue gak ketemu sama Hantu Perawan Gagal atau sejenisnya. Padahal gue penasaran banget pengen ngerasain kejadian kek yang diceritain temen-temen lain yang juga pernah menginap di situ.

Kalo memang dulunya ada kuburan di belakangnya, seharusnya tidak dimusnahkan. Menurut gue bagus, kalo ada kuburan berjejeran dengan Hotel. Iya sih, hotelnya jadi serem karena berdekatan dengan kuburan. Tapi kalo dilihat lebih jauh, justru kuburannya jadi gak serem karena di sebelahnya ada hotel.

Oh. Gue tau. Kenapa tuh kuburan dimusnahkan. Pasti pemilik hotel takut bangkrut, karena akan lebih banyak orang yang bermalam di kuburan daripada di hotel. Soalnya tuh hotel lebih serem dari kuburan. Continue reading

Nguping Pagi

Ngupil dan Nguping adalah dua kata yang memiliki kemiripan. Selain mirip, juga sama-sama bikin nagih. Kedua kegiatan tersebut memiliki latar belakang yang sama; kepo.

Orang nguping karena kepo. Kali aja ada petunjuk lokasi harta karun yang didengar. Walaupun pada kenyataanya, yang didengar hanyalah gosip ‘menangisnya Olga waktu menjenguk Raffi Ahmad’. Ada juga sih nguping gak sengaja. Misal pas gue lewat, ada dua atau lebih cewek cantik yang sedang bergosip. ‘Eh, Mas yang lewat itu gantengnya berlebihan yah? Jadi pengen nyubit perut buncitnya deh.” Nah, yang kek gituan, gue pura-pura gak dengar aja. Berlalu, stay cool. Continue reading